Resensi Buku "Cara Membuat dan Reparasi Sound System"


Resensi Buku “Cara Membuat dan Reparasi Sound System” 

Oleh: M Iqbal Rasyid


 IDENTITAS BUKU
Judul Buku                    : Cara Membuat dan Reparasi Sound System
Pengarang                      : Drs. Rm. Francis. D. Yury. Dipl Eng
Penerbit                          : CV. MEDIA ILMU
Tempat terbit                  : Demak
Tahun terbit                    : 1992
Ketebalan Buku              : 108 Halaman
Cetakan ke                      : 1 ( Pertama )

Buku berjudul “Cara Membuat dan Reparasi Sound” System karya Drs. Rm. Francis. D. Yury. Dipl Eng ini menjelaskan tentang apa itu sound system, apa saja piranti dalam sound system, bagaimana cara membuat sendiri piranti dalam sound system itu sendiri, dan ketika sudah jadi, kita juga dijelaskan bagaimana cara memperbaiki atau mereparasi piranti sound system tersebut ketika terjadi kerusakan.
Mungkin selama ini orang awam hanya mengetahui bahwa sound system hanya terdiri dari speaker saja. Namun ternyata tidak, dalam buku ini dijelaskan bahwa sound system itu merupakan suatu sistem/tatanan output suara yang dihasilkan oleh alat–alat elektronik. Alat – alat elektronik yang dimaksud yaitu piranti yang tentunya berkaitan dengan audio (suara). Misalnya mixer, amplifier, mikrofon, speaker, dan sebagainya. Alat–alat tersebut memerlukan tatanan yang baik agar menghasilkan suara yang bagus untuk didengar.
Pada bagian akhir dalam buku ini dijelaskan tentang hal-hal yang berkaitan dengan perawatan alat–alat sound system. Peralatan elektronik terkadang mengalami kerusakan, baik kerusakan ringan maupun kerusakan berat. Untuk itu diperlukan reparasi terhadap alat sound system yang bermasalah. Reparasi dilakukan dengan menganalisis gejala kerusakan yang terjadi, mencari komponen atau bagian yang rusak, kemudian mengganti komponen yang rusak tersebut dengan komponen yang bagus.
Dengan isi 108 halaman, buku ini termasuk buku yang tipis dan ringan. Apalagi isinya sudah lengkap mengenai sound system. Dimana segala bentuk rekayasa dan rancangan alat–alat sound system tersebut diuraikan secara detail, termasuk beberapa perangkat sound system yang disertai dengan gambar rangkaian. Sehingga pembaca tidak hanya sekedar tahu, tetapi juga dapat memahami tentang bagaimana perangkat sound system yang benar itu seperti apa. Akan tetapi, gaya bahasa yang digunakan dalam buku ini susah untuk dipahami, banyak kalimat yang tidak komunikatif. Apalagi untuk orang yang baru ingin mengenal tentang sound system, harus membaca berulang kali untuk memahami maksud konteks kalimat. Letak gambar dalam buku juga kurang pas terhadap kalimat penjelasnya sehingga agak membingungkan pembacanya.

Terlepas dari kekurangan tersebut, pada akhirnya buku berjudul “Cara Membuat dan Reparasi Sound System” ini sangat bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi kalangan pecinta sound system maupun masyarakat biasa. Hal ini karena di dalam buku ini dijelaskan semua tentang sound system dari dasar hingga cara mereparasi perangkat sound system yang mengalami kerusakan. Jadi orang yang tidak menyukai sound system pun lama-lama bisa paham bahkan menjadi suka dengan sound system.


Komentar

Postingan Populer